Ide Bisnis Dropship, Peluang Usaha Toko Online Tanpa Ribet Mikirin Produk

Tidak Punya Produk, Tapi Pingin Jualan Online ?

Ya sobat Metamorfosa.id,

Berapa banyak dari kita yang ingin memiliki aktivitas dan penghasilan tambahan ?

Banyak yang kemudian berinisiatif membuat bisnis toko online, akan tetapi kemudian mengalami kebingungan dengan bagaimana caranya mencari produk yang akan dijual ?

Solusi Buka Bisnis Toko Online dengan Sistem Dropship

Sistem bisnis dropship merupakan salah satu jenis  peluang usaha  yang berkembang pesat di bisnis online.

Tidak heran, karena memang relatif mudah untuk memulai bisnis jenis ini, tanpa perlu beli produk, tanpa perlu punya gudang dan tanpa harus mikirin stok sendiri, Anda sudah bisa memulai bisnis dengan sistem dropship.

Pengertian Bisnis Dropship

Menurut Wikipedia, pengertian dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke supplier.

Orang yang menjalankan sistem bisnis dropship ini kemudian dikenal dengan sebutan Dropshipper.

Skema Bisnis Dropship

Dalam sistem bisnis dropship, kita sebagai member/dropshipper cukup beraktivitas melakukan promosi produk, dan jika ada produk yang laku maka member/dropshipper melakukan order dan pembayaran melalui member area Dropship Supplier.

Dropship supplier kemudian akan mengirimkan produk yang dibayar tersebut langsung ke pembeli, dengan menuliskan nama member yang bersangkutan sebagai nama pengirimnya.

Dari transaksi ini penjual mendapatkan keuntungan berupa selisih antara harga jual dengan harga yang dibayarkan ke Dropship supplier. Penjual juga bisa mendapatkan repeat order dari pembeli tersebut karena penjual sendiri yang melakukan pendekatan ke pembeli.

Dalam hal ini Dropship Supplier hanya berada di balik layar, tanpa harus diketahui pembeli, demi menjaga kredibilitas penjual.

Cara Menjadi Dropshipper

Selain dengan cara menjadi member, Anda juga dapat berperan sebagai dropshipper dengan mendaftar lewat SMS atau media sosial sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh dropship supplier.

Alur secara mudahnya adalah seperti ini :

  1. Temukan penjual yang bersedia menerima kerjasama penjualan produk dengan sistem dropship, berarti dia akan kirim barang ke pembeli dengan mengatasnamakan toko online kita
  2. Kontak penjual tersebut, dan lakukan pendaftaran.
  3. Jika pendaftaran diterima (sudah dikonfirmasi oleh penjual), maka Anda sudah berhak menjadi Dropshipper untuk produk tersebut.

Lalu Apa Kunci Menjalankan Bisnis Dropship seperti ini ?

Aturan pertama, tentu saja : Menemukan Penjual yang Terpercaya

Kenapa aturan ini penting ?

Ya, karena tidak jarang seorang penjual yang berlaku tidak adil terhadap dropshippernya, dimana mereka mengirimkan produk dengan menyertakan kartu nama di tokonya.

Selain itu, dropshipper yang terpercaya akan menentukan pula kredibilitas Anda dalam berbisnis toko online.

Jangan sampai seorang pelanggan sudah memesan sebuah produk lewat Anda, akan tetapi kemudian mendapatkan produk yang berbeda dari segi kualitas hanya karena dropship supplier Anda tidak amanah. Mendapatkan dropship supplier seperti ini hanya akan merugikan kita secara bisnis maupun reputasi nama baik. Padahal dalam berbisnis online, nama baik adalah hal utama yang harus dijaga untuk memperoleh kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Cara Aman Bisnis Dropship

Dalam bisnis dropship terdapat pro-kontra mengenai sistem yang dijalankan ini. Hal ini terkait dengan sebuah  hadis  dari  Hakim  bin  Hizam,  bahwa  Nabi  shallallahu  ‘alaihi  wa  sallam bersabda, ”Janganlah kamu menjual barang yang bukan milikmu.” (H.R. Abu Daud dan Nasa’i; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Hadits  di  atas  secara  tegas  melarang  kita  menjual  barang  yang  tidak  kita  miliki.  Imam  AlBaghawi  mengatakan,  “Larangan  dalam  hadis  ini  adalah  larangan  menjual  barang  yang  tidak dimiliki penjual.” (Syarh Sunnah, 8:140)

Berdasarkan keterangan  yang  diuraikan  tentang  dropshipping,  banyak yang berpendapat bahwa  dropshipping  termasuk  sistem  jual  beli  yang  tercakup  dalam  larangan  hadis  di  atas,  karena  dropshipper  sama sekali tidak memiliki barang yang ada di  supplier. Namun, dalam kondisi yang sama, dia menjual barang milik  supplier. Ini artinya,  dropshipper  menjual barang yang bukan miliknya.

Sebagai  alternatif  lain,  jual  beli  model  dropshipping  ini  bisa  dimodifikasi dengan pembuatan akad di awal,  sehingga  diperbolehkan secara syariat karena dropshipper yang telah mendaftar atau berkoordinasi menjadi bagian dari tim marketing supplier tersebut.

Referensi Dropship Supplier Terpercaya

Jika Anda ingin menjadi dropshipper, maka referensi ini bisa Anda ambil :

  • Dropship Aja, sebuah platform bisnis dropship dengan produk print on demand yang bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis kaos, mug, accessories custom hingga produk-produk laris yang bisa dijual secara online. KLIK DISINI untuk mellihat penawaran Dropship Aja

Semoga bisa diambil manfaatnya ya.

www.Metamorfosa.id
Media Bisnis Digital Indonesia

by @berbagikopindar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *