Bagaimana Cara Pemasaran Anti Radar ? Tiru Ide-Ide Stealth Marketing Disini - Metamorfosa.id

Sobat bisnis,

Sudah baca Tips Bisnis : Jurus Kesasar Untuk Bikin Usaha Anda Makin Terkenal dan masih mencari trik marketing yang menarik untuk digunakan ?

Mari kita membuka lagi sebuah tulisan dari Kafi Kurnia yang dimuat dalam bukunya “Anti Marketing”. Pada buku ini di halaman 121 terdapat pembahasan tips bisnis unik tentang penerapan strategi Stealth Marketing.

Meski tulisannya sudah cukup lawas tapi bagi kita yang notabene doyan belajar bisnis, topik ini masih selalu menggelitik pikiran dan seperti menantang bagaimana penerapannya di jaman yang sudah serba online ini.

Pengertian Stealth Marketing

Stealth Marketing atau pemasaran anti radar merupakan sebuah jurus pemasaran yang bisa dikatakan membuat konsumen tidak sadar sama sekali bahwa ia telah diperdaya pemasaran.

tips.bisnis.pemasaran.stealth.marketing - Bagaimana Cara Pemasaran Anti Radar ? Tiru Ide-Ide Stealth Marketing Disini

source : marketingwit

Penerapan Stealth Marketing

Sebuah contoh klasik dari tips pemasaran ini disertakan secara apik dalam tulisan tersebut dengan mengisahkan sebuah strategi pemasaran anti radar yang dilakukan oleh salah satu perusahaan agensi pemasaran di Newcastle, Inggris, yaitu London’s Cake Creative Consultancy.

Apa yang dilakukan oleh London’s Cake Creative Consultancy ?

Perusahaan di Newcastle ini menciptakan sebuah trik pemasaran anti radar yaitu dengan membuat sampah-sampah berupa kaleng kosong Kratingdaeng.

kratingdaeng 150x150 - Bagaimana Cara Pemasaran Anti Radar ? Tiru Ide-Ide Stealth Marketing Disini“Sampah” kaleng –kaleng kosong tersebut diletakkan di berbagai tong sampah dekat dengan bar dan pub di sekitar kota. Tumpukan kaleng kosong ini memberikan impresi seolah-olah Kratingdaeng sedang populer dan digandrungi.

Bagaimana Hasilnya ?

Ternyata cukup menarik.

Dalam waktu singkat, Kratingdaeng menjadi populer di Eropa.

Trik ini konon sedemikian efektifnya sehingga memberi inspirasi munculnya jenis pemasaran baru yang disebut sebagai pemasaran antiradar.

Dalam tulisannya, Kafi Kurnia menjelaskan bahwa pemasaran antiradar ini merupakan ilmu lanjutan pemasaran ala gerilya dan pemasaran getok tular dari mulut ke mulut. Pemasaran antiradar dianggap lebih efektif dan tajam karena murah biayanya serta strateginya yang selalu berubah-ubah sehingga konsumen terkecoh.

Contoh Lain Pemasaran Anti Radar

Sebuah contoh lain yang mungkin kini sudah biasa kita temui adalah ketika seseorang membuka usaha restoran baru. Pada hari pembukaan, ia bisa mengundang teman-temannya atau setidaknya meminjam mobil mereka untuk memenuhi tempat parkir di restoran. Mobil-mobil tersebut kemudian dapat memenuhi tempat parkir di restoran selama berhari-hari untuk member kesan restorannya selalu ramai dan dipadati pengunjung.

Trik seperti ini meski tampak sederhana tapi bisa membawa dampak yang positif. Orang yang lewat dibuat penasaran dan akhirnya ikut berhenti, serta mencoba restorannya.

Penerapan Stealth Marketing untuk Agen Mobil

Trik serupa juga bisa kita temui dari agen dan distributor mobil. Caranya adalah dengan membanjiri jalan-jalan utama ibu kota dengan mobil-mobil yang baru saja diluncurkan. Motivasinya untuk menggelitik dan merangsang rasa penasaran. Konsumen menjadi terpikat karena seringnya melihat mobil-mobil baru di jalan.

Bagaimana, sudah mendapatkan inspirasi bisnis untuk dipraktekkan pada usaha Anda ?

Menilik Penerapan Stealth Marketing di Bisnis Online

Menarik untuk melihat bagaimana jika konsep stealth marketing ini diterapkan di bisnis yang serba online seperti sekarang ini. Tidak mudah untuk mengidentifikasi bagaimana penerapannya di bisnis online terutama untuk memasarkan produk-produk digital secara online

testimoni.ibu .rumah .tangga - Bagaimana Cara Pemasaran Anti Radar ? Tiru Ide-Ide Stealth Marketing DisiniSalah satu metode yang bisa diduga sebagai bentuk praktek stealth marketing di bisnis online adalah dengan pencantuman testimonial yang banyak di website penjual produk.

Caranya adalah ketika para kreator produk digital memberikan produk mereka secara gratis terlebih dahulu kepada para teman atau pakar untuk kemudian diminta membuat testimonial pengalaman mereka setelah menggunakan produk tersebut.

Testimoni tersebut kemudian dicantumkan di halaman penjualan pada website sehingga penjualan terlihat ramai dan bisa memberikan kesan positif bagi para pengunjung yang melihat penawaran di halaman tersebut.

Tentu tidak semua kreator produk digital menerapkan metode ini, ada juga yang memang mencantumkan testimonial murni dari pembeli yang sudah menggunakan produk tersebut. Namun demikian, cara-cara tadi sah digunakan sejauh testimoni yang diberikan adalah berdasarkan pengalaman nyata mereka menggunakan produk tersebut.

Masih ada penerapan-penerapan pemasaran anti radar yang mungkin tanpa disadari berada di sekitar kita. Menarik bagaimana menggali kreativitas untuk bisa menerapkan tips bisnis ini untuk usaha yang sedang kita jalankan. Bagaimanapun pemasaran adalah soal kreativitas. Semakin kreatif, maka seni pemasaran pun menjadi semakin menarik.

Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi bisnis bagi Anda.

tips.bisnis.dan.pemasaran

Mau Dapatkan Update Sharing Bisnis Terbaru, Info Produk Mentoring, Buku, Ebook, Video, Tools Terupdate dan Promo/Diskon seputar Bisnis dan Pemasaran ?