Bagaimana Cara Memulai Usaha Untuk Pemula ? Tips Hasil Wisata Bisnis Ini Bisa Membantu Anda - Metamorfosa.id

Bagaimana Cara Memulai Usaha Untuk Pemula ? Tips Hasil Wisata Bisnis Ini Bisa Membantu Anda

Beberapa waktu lalu tim Metamorfosa.id berkesempatan untuk melakukan kunjungan wisata bisnis dan sharing usaha ke daerah Cikarang, Jawa Barat.

Sharing kali ini dilakukan bersama mas Ato Sunarto, pemilik bisnis kuliner Kupat Tahu Bandung “Mang Oman” yang terletak di Jalan Rusa Raya Blok F nomor 49, Sertajaya, Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat.

Nah, kalau biasanya kita banyak mengenal Kupat Tahu Magelang, kali ini nuansanya agak berbeda, terutama dari segi rasa karena sesuai dengan namanya, Kupat Tahu Bandung tentu lebih menonjolkan citarasa khas Sunda.

Namun dalam kunjungan kali ini kami tidak banyak membahas tentang kuliner, karena itu bisa jadi bagian dari tim makananenak.id. Obrolan siang itu lebih menjurus ke arah sharing usaha, bagaimana cara memulai usaha secara tepat  terutama jika kita masih tergolong pemula.

Sebagai pemberi inspirasi siang itu hadir mas Ato sendiri yang selain memiliki usaha kuliner Kupat Tahu Bandung, juga mendirikan dan mengelola berbagai usaha lainnya seperti Lembaga Kursus i-Tutor, properti dan juga aktif mengelola Lembaga Training Kewirausahaan di Meta Bright Vision (MBV).

tips.cerita.wisata.sharing.bisnis.kupat .tahu .bandung.cikarang - Bagaimana Cara Memulai Usaha Untuk Pemula ? Tips Hasil Wisata Bisnis Ini Bisa Membantu Anda

2 Tipe Usaha Untuk Pilihan Bisnis Pemula

Menurut mas Ato, setidaknya ada 2 tipe usaha yang bisa kita pilih ketika akan memulai bisnis, yaitu :

  1. Bisnis yang sifatnya Tradisional
  2. Bisnis yang sifatnya sesuai Trend

Contohnya, Kupat Tahu Bandung merupakan salah satu jenis bisnis yang bersifat tradisional. Bisnis seperti ini dapat memberikan penghasilan yang relatif stabil.

Berbeda dengan bisnis yang mengikuti tren, seperti fashion, dimana jenis bisnis ini dapat memberikan penghasilan yang sangat tinggi di suatu saat, namun kemudian dapat mengalami penurunan ketika tren di masyarakat sudah berganti.

Tidak ada yang salah dengan apapun yang kita pilih dari kedua jenis bisnis ini. Nasehat yang diberikan adalah ketika kita memilih jenis usaha yang sesuai dengan trend maka kita harus jeli mengamati situasi yang tren yang sedang berlaku saat ini.

Nikmati Proses dalam Menjalankan Bisnis

Kupat Tahu Bandung merupakan jenis usaha pertama yang didirikan mas Ato di Cikarang dan telah bertahan hingga beberapa generasi. Tetapi dalam prosesnya, mas Ato sendiri telah mencoba dan menjalani kurang lebih 19 jenis usaha sebelum kemudian memantapkan prioritasnya di lembaga training MBV.

Sebagai petuah bagi kita yang sedang berniat memulai sebuah usaha, mas Ato menyarankan untuk menjalankan bisnis tersebut secara konsisten selama lima tahun terlebih dahulu. Jika sebuah bisnis bisa dijalankan konsisten selama lima tahun maka kita akan lebih mengetahui celah yang bisa kita manfaatkan dan perbaiki sehingga peluang keberhasilannya menjadi lebih terbuka lebar.

3 Prinsip Menjalankan Bisnis

Pemilihan kuliner Kupat Tahu Bandung “Mang Oman” sendiri tidak terlepas dari salah satu di antara 3 prinsip atau cara untuk memulai usaha yang dipegang mas Ato, yaitu :

  1. Menjadi yang Pertama
  2. Menjadi yang Terbaik
  3. Menjadi yang Berbeda / Unik

Kupat Tahu Bandung “Mang Oman” jelas unik, dan berbeda dengan usaha kupat tahu kebanyakan sehingga positioningnya menjadi jelas di mata pelanggan.

Selain berbeda, Kupat Tahu Bandung “Mang Oman” juga termasuk usaha kuliner kupat tahu ala sunda pertama yang terletak di daerah Cikarang. Hal ini yang membuat usaha ini dapat bertahan dan berkembang hingga beberapa tahun, dari sebuah rumah petak di bawah pohon jambu hingga menjadi tempat usaha yang nyaman seperti sekarang ini.

Perhatikan! 3 Proses Menjalankan Usaha

Berdasarkan pengalamannya menjalankan usaha, mas Ato menekankan perlunya spesialiasi di 3 bidang saat kita menjalankan sebuah bisnis, yaitu :

  1. Proses Marketing, atau menjaring calon pembeli
  2. Sales, atau proses konversi membuat calon pembeli menjadi pembeli beneran
  3. Customer service, atau proses mengubah pembeli menjadi pelanggan

Dari 3 poin di atas, mas Ato memberikan prioritas pada poin customer service dimana jika kita mampu memperlakukan pembeli dengan baik, maka ia dapat menjadi pelanggan dan sekaligus menjadi marketing produk bisnis atau jasa kita secara sukarela dengan sistem “gethok tular.

Layanan terbaik yang kita berikan dapat ia promosikan dari mulut ke mulut (mouth to mouth marketing) dan ini dapat menyebabkan bisnis kita berkembang menjadi semakin besar sekaligus efisiensi biaya marketing.

Perlunya Menjadi Spesial! 

Ketika kita baru akan memulai sebuah usaha, sangat disarankan untuk memilih jenis usaha yang spesial. Pilih ceruk atau niche tertentu dan jadilah ahli di bidang tersebut.

Era bisnis modern saat ini para (calon) pembeli cenderung lebih memilih spesialis daripada seseorang yang menjalankan bisnis yang terlalu general. Bukan berarti nantinya kita tidak boleh menjalankan beberapa bisnis sekaligus, akan tetapi fokus di satu bidang terlebih dahulu sangatlah disarankan.

(+) ” Memang kenapa om, kok musti fokus di satu bidang dulu ?”

(-) ” Yo jelas supaya orang dapat mengenal personal branding kita ya le, jadi jelas juga apa yang kita tawarkan dan solusi apa yang bisa didapatkan orang lain dari kita. Biar pas gitu “

Pilihan Bisnis Melebar atau Mendalam

Tidak perlu khawatir ketika memilih sebuah niche tertentu, karena dalam bisnis dapat bersifat melebar atau mendalam. Ada banyak turunan yang bisa kita kerjakan dari sebuah bisnis yang kita tekuni saat ini.

(+) ” Contohnya apa om ? “

(-) ” Kemarin dikasih contoh ini nih, rekanan yang berbisnis hidroponik di daerah Bandung. Selain jenis tanamannya yang bisa dijual, beliau juga bisa menjual media tanamnya, menjual jasa pembuatan hidroponik hingga menyelenggarakan pelatihan usaha hidroponik. Omsetnya puluhan juta rupiah loh dari bisnis ini “

(+) ” Wahah, asik juga, bisa sekalian jadi youtube hidroponik juga kali om ..? “

(-) ” Hmm.. bisa..bisa.. buruan siapin videonya ya..”

Sayangnya obrolan kami kemudian harus disudahi karena mas Ato ada acara lain di lembaga trainingnya. Tetapi dari waktu yang “terasa singkat” ini sudah banyak pencerahan yang kami dapatkan dan bisa diterapkan dalam usaha yang sedang ditekuni saat ini.

Saatnya praktek! dan bagi sobat yang ingin juga suatu saat mengikuti event kunjungan atau wisata bisnis seperti ini silakan hubungi admin Metamorfosa.id melalui nomor di bawah ini :

Semoga sharing kali ini bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

tips.bisnis.dan.pemasaran

Hosting Unlimited Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *