Bagaimana Cara Membangun Bisnis Jangka Panjang ? Simak Cerita Kuno Ming Hua Ini - Metamorfosa.id

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Jangka Panjang ? Simak Cerita Kuno Ming Hua Ini

Era sekarang ini, bisnis tidak lagi hanya sekedar jual beli, ketika kita punya produk lantas dijual dan langsung ada yang beli. 

Dengan begitu banyaknya pesaing, sudah tentu kita harus memikirkan strategi supaya bisnis kita bisa tetap berada di benak pelanggan dan syukur-syukur bisa memiliki pelanggan yang loyal.

Salah satu caranya adalah kita harus bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan sehingga bisnis yang kita jalankan dapat berlangsung dalam jangka panjang.

Inilah yang disebut dengan relationship marketing yang pada prinsipnya mengutamakan kedekatan dengan pelanggan. Terkait hal ini, kita bisa belajar dari dari mana saja, termasuk dengan menyimak salah satu cerita kuno yang ada di blog MuwafikCenter tentang bagaimana pentingnya menjalin hubungan dengan pelanggan.

Cerita Kuno Ming Hua dan Legenda Relationship Marketing

cerita.bisnis.kuno .relationship.marketing.ming .hua .1 300x197 - Bagaimana Cara Membangun Bisnis Jangka Panjang ?  Simak Cerita Kuno Ming Hua IniMing Hua adalah seorang pedagang beras di sebuah desa di Cina kuno. Lima bulan sebelumnya, ia masih merupakan satu-satunya pedagang beras yang ada di desa tersebut. 

Namun seperti juga prinsip “ada gula ada semut“, maka sebuah bisnis yang laris pun pasti akan menarik minat orang lain untuk ikut terjun di bidang bisnis tersebut. Hal ini juga yang terjadi di desa tempat tinggal Ming Hua dimana dalam sebulan terakhir, sudah muncul empat pedagang beras lain di desanya. Mereka muncul menyaingi Ming Hua karena melihat bisnis beras memang lukratif di desa tersebut.

Kemunculan para pesaing tersebut membuat Ming Hua harus berpikir keras tentang bagaimana cara mempertahankan pelanggannya agar tidak beralih ke pesaingnya. Suatu hal yang pada awalnya tidak pernah terpikir ketika ia masih berjaya sebagai pedagang beras ternama di desanya.

Layanan yang Berbeda

Karena ketatnya persaingan, Ming Hua pun berpikir keras hingga akhirnya ia  sampai pada sebuah kesimpulan, bahwa dia harus memberikan layanan yang berbeda kepada para kepala keluarga di desa tersebut, yang dulu semua adalah langganannya.

Untuk menjalankan strategi tersebut, mulailah ia “bersilaturahmi” ke para kepala keluarga sambil membawa blocknote untuk mencatat berapa anggota keluarga mereka, berapa konsumsi beras rata-rata per hari, berapa kapasitas tempat penyimpanan beras, beras jenis apa yang biasa dimasak, kapan tanggal lahir para anggota keluarga, dan berbagai catatan yang diperlukan untuk memberikan layanan lain agar pelanggannya tetap loyal kepadanya.

Dari catatan tersebut maka Ming Hua bisa mengantarkan beras tepat saat persediaan beras sebuah keluarga hampir habis, memberikan kado ulang tahun anggota keluarga, dan berbagai layanan yang lain seolah-olah dia paham benar kebutuhan pribadi para kepala keluarga. Hasilnya, para pelanggan pun merasa terikat dan terhormat dengan layanan yang diberikan olehnya.

Apa Hikmah dari Kisah Ming Hua di atas ?

Ada beberapa pencerahan yang bisa kita tarik dari cerita di atas, diantaranya :

  1. Keunikan itu Penting!

Ming Hua memberikan contoh perlunya memberikan different service atau sesuatu yang unik untuk membedakan produk kita dengan para pesaing.

Jika kualitas produk yang dijual relatif sama, maka kita bisa memberikan manfaat tambahan berupa jasa layanan dari produk yang kita jual.

Ini juga yang digambarkan dalam ebook Brand Plan tentang perlunya membuat core value dan added value untuk langkah awal supaya brand kita mendapat posisi yang penting di benak pelanggan

2. Dalam ketatnya persaingan, kita perlu menjalin hubungan atau berkomunikasi secara kontinyu dengan pelanggan. Bahasa kerennya Relationship Marketing.

Kerja keras Ming Hua di atas menjelaskan kepada kita betapa pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan agar pelanggan tidak lari dan tetap loyal dengan bisnis kita. Loyalitas seperti ini diperlukan jika kita ingin usaha tetap eksis di tengah tingkat persaingan yang meningkat.

3. Dalam upayanya menjaga hubungan dengan pelanggan, Ming Hua mempersonalisasi layanannya, yaitu dengan melakukan pendekatan secara personal sehingga pelanggan merasa istimewa.

Kedekatan dengan pelanggan ini juga bisa dikategorikan dalam layanan service excellent.  Setiap pelanggan tentu senang dan merasa diperhatikan ketika ketika toko langganannya memberikan ucapan selamat atau bahkan bingkisan ketika mereka sedang berulang tahun atau merayakan hari jadi bersama pasangan dan keluarganya. 

Bisakah Menerapkan Prinsip Kerja Ming Hua di Bisnis Online ?

Prinsip Relationship marketing tentu juga bisa kita terapkan dalam bisnis online.

Relationship marketing di bisnis online dapat kita jalankan dengan cara berkomunikasi secara kontinyu dengan pelanggan melalui media online. Bisa melalui media sosial atau menggunakan salah satu cara yang efektif yaitu dengan email marketing. 

Melalui email marketing, kita bisa menyapa calon pembeli atau pelanggan setiap hari atau selama beberapa hari sekali.

Dalam blog frans.co.id dijelaskan 5 keunggulan menggunakan email marketing untuk bisnis, yaitu :

  1. Email memberikan Anda kesempatan untuk mempersonalisasi pesan Anda kepada penerima. Kirim email kepada mereka, sapa mereka, dan tawarkan kepada pelanggan produk Anda secara pribadi
  2. Lebih cepat
  3. Lebih murah
  4. Dapat diukur, dan
  5. Dapat membangun hubungan dengan pelanggan

Di balik beberapa kekurangan email marketing seperti : Email bisa saja masuk ke kotak spam sehingga terlambat dibaca oleh penerima, atau tidak semua calon konsumen memiliki email untuk berkomunikasi, tetap saja Email Marketing menjadi salah satu cara yang banyak digunakan oleh para pebisnis online dalam mengembangkan bisnisnya/

Untuk meminimalkan resiko dari kekurangan email marketing adalah dengan pandai-pandai memilih layanan email marketing yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis secara online.

Rekomendasi Layanan Email Marketing

Ada banyak layanan email marketing tersedia saat ini, baik di Indonesia maupun luar negeri. Namun jika ingin memilih layanan email marketing terbaik, maka sangat direkomendasikan bagi Anda untuk berlangganan paket di Kirim Email.

Mengapa Pilih Layanan Kirim Email ?

meningkatkan penjualan dengan kirim email marketing 150x150 - Bagaimana Cara Membangun Bisnis Jangka Panjang ?  Simak Cerita Kuno Ming Hua IniPada dasarnya Layanan Kirim Email menyediakan berbagai fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis secara jangka panjang dan memiliki database supaya bisnis bisa bertahan dan berkembang.

Layanan ini tidak kalah gesitnya dengan layanan email marketing mancanegara yang sudah populer terlebih dahulu seperti GetResponse, MailChimp dan sebagainya. Hingga tulisan ini dibuat, tercatat sudah 7000+ pebisnis dari berbagai brand yang menggunakan layanan Kirim Email untuk keperluan komunikasi bisnis mereka. Klik disini untuk melihat brand apa saja yang sudah menggunakan layanan dari Kirim Email

Cara Bergabung di Layanan Kirim Email

Untuk bergabung dan mendapatkan fasilitas layanan Kirim Email, Anda cukup melakukan pendaftaran secara online. Kunjungi halaman pendaftarannya disini : Kirim Email Sign Up  Atau Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih detil tentang Layanan Email Marketing ini dengan membacanya langsung di halaman web Kirim Email.

Klik disini untuk baca web informasi Kirim Email

Jangan salah, pebisnis yang sudah sukses pun memberikan rekomendasinya supaya kita memanfaatkan layanan email marketing untuk membesarkan usaha yang sedang kita jalankan saat ini.

“Kirim Email menjadi pilihan yang tepat untuk bisa memperluas jangkauan bisnis Anda dan juga untuk memberikan pelayanan terbaik bagi customer Anda” – Merry Riana – Motivator Wanita No. 1 di Indonesia

Semoga terinspirasi dan memberikan manfaat bagi bisnis Anda.